TUGAS MPPL - C
Nama Proyek: Website Sistem Informasi Perlombaan E-Sport Dies Natalis ITS
ke-59.
Bagas Yanuar Sudrajad 05111740000074
Yovi Agustian 05111740000125
Azzam Jihad Ulhaq 05111740000132
1.
Initiation
a. Identification of the
problem
ITS hendak mengadakan
perlombaan esport “Mobile Legend” pada perhelatan Dies Natalis ke-59. Oleh
karenanya diperlukan sebuah sistem untuk menangani pendaftaran, konfirmasi
pembayaran, update informasi pertandingan dan menampilkan bagan pertandingan
secara realtime.
- Identification of the scope
Sistem ini hanya
digunakan dalam scope perlombaan esport ITS. Tim yang berlaga maksimal sebanyak
222 tim dan dibagi menjadi dua yakni Internal (22 Tim) dan eksternal (200 tim)
- Identification of the deliverable
deliverable pada proyek
ini berupa website yang dapat menangani sistem pendaftaran serta menunjukkan
bagan pertandingan secara realtime. Website ini dapat diakses dengan alamat:
https://event.its.ac.id/esport59/
- Identification of the stakeholder
Stakeholder yang
terlibat dalam proyek ini adalah panitia esport diesnat dan peserta lomba
esport
2.
Planning
a. Identification of the project timeline
Timeline project ini
cukup sederhana yakni sekitar dua minggu saja. Satu minggu untuk membuat konsep
yang bersesuaian dengan aturan-aturan perlombaan. Kemudian seminggu selanjutnya
pengerjaan dan testing.
- Workflow
Peserta mendaftarkan
Timnya → Sistem memberikan besar pembayaran yang disertai kode unik → Peserta
melakukan konfirmasi → Panitia memverifikasi pembayaran → Peserta terdaftar
dalam lomba dan dapat menggunakan sistem untuk mengikuti informasi terkait
perlombaan
- Estimation of budget
Dikarenakan hosting dan
domain sudah tersedia sehingga yang diperlukan hanyalah biaya untuk jasa yang
disediakan. Estimasi pengerjaan setiap hari 2 jam pengerjaan 2 minggu (10 hari
kerja) dan 50 ribu tiap jam maka 2 (jam) x 10 (hari kerja) x 50.000 x 2 (orang)
= 2.000.000
- Gathering resources
Yang diperlukan untuk
pengerjaan project ini sebanyak 2 orang. Hosting dan domain sudah tersedia.
- Risk anticipation
Terjadi case-case tidak
umum yang dapat terjadi akibat peserta atau panitia yang hendak melakukan
kecurangan. Antisipasi yang dilakukan adalah melakukan brainstorming untuk
case-case yang dapat terjadi secara komprehensif, sehingga dapat memperkecil
kemungkinan terjadinya kecurangan.
3.
Execution
a. Creating tasks and organizing workflows
Proyek dibagi menjadi
dua modul, yaitu modul admin (mengelola pendaftaran, mengkonfirmasi pembayaran,
mengelola jadwal pertandingan, mengelola bagan pertandingan) dan modul peserta
(melakukan pendaftaran, verifikasi pembayaran, melihat jadwal pertandingan,
melihat bagan pertandingan). satu orang mengerjakan modul admin dan satu orang
mengerjakan modul peserta.
- Monitoring
Setiap harinya dilakukan
evaluasi progress yang dikerjakan pada hari itu, dan tiap orang saling mengecek
pekerjaan orang lainnya.
- Managing budget
Uang yang diperlukan
adalah uang untuk membayar jasa development web. Managing budget dilakukan
dengan memastikan project berjalan sesuai rencana.
4.
Closure
a. Determining the goals
Web yang dihasilkan
dapat bekerja sesuai fungsinya untuk mendukung perlombaan dalam segi sistem
pendaftaran, informasi, dan menampilan bagan perlombaan.
- Evaluation of the team’s performance
Sampai saat ini yang
telah dilakukan adalah: database telah selesai, mencari template dan tools yang
akan dipakai. Secara umum semuanya masih sesuai rencana.
- Conducting a final analysis of the project
Project masih belum
selesai. Belum dapat dilakukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar