Minggu, 29 September 2019

Siklus Manajemen Proyek

TUGAS MPPL - C

Nama Proyek: Website Sistem Informasi Perlombaan E-Sport Dies Natalis ITS ke-59.
Bagas Yanuar Sudrajad 05111740000074
Yovi Agustian 05111740000125
Azzam Jihad Ulhaq 05111740000132

1.  Initiation
      a.    Identification of the problem

ITS hendak mengadakan perlombaan esport “Mobile Legend” pada perhelatan Dies Natalis ke-59. Oleh karenanya diperlukan sebuah sistem untuk menangani pendaftaran, konfirmasi pembayaran, update informasi pertandingan dan menampilkan bagan pertandingan secara realtime.

    1. Identification of the scope
Sistem ini hanya digunakan dalam scope perlombaan esport ITS. Tim yang berlaga maksimal sebanyak 222 tim dan dibagi menjadi dua yakni Internal (22 Tim) dan eksternal (200 tim)

    1. Identification of the deliverable
deliverable pada proyek ini berupa website yang dapat menangani sistem pendaftaran serta menunjukkan bagan pertandingan secara realtime. Website ini dapat diakses dengan alamat: https://event.its.ac.id/esport59/

    1. Identification of the stakeholder
Stakeholder yang terlibat dalam proyek ini adalah panitia esport diesnat dan peserta lomba esport

2.           Planning
              a.  Identification of the project timeline

Timeline project ini cukup sederhana yakni sekitar dua minggu saja. Satu minggu untuk membuat konsep yang bersesuaian dengan aturan-aturan perlombaan. Kemudian seminggu selanjutnya pengerjaan dan testing.

    1. Workflow
Peserta mendaftarkan Timnya → Sistem memberikan besar pembayaran yang disertai kode unik → Peserta melakukan konfirmasi → Panitia memverifikasi pembayaran → Peserta terdaftar dalam lomba dan dapat menggunakan sistem untuk mengikuti informasi terkait perlombaan

    1. Estimation of budget
Dikarenakan hosting dan domain sudah tersedia sehingga yang diperlukan hanyalah biaya untuk jasa yang disediakan. Estimasi pengerjaan setiap hari 2 jam pengerjaan 2 minggu (10 hari kerja) dan 50 ribu tiap jam maka 2 (jam) x 10 (hari kerja) x 50.000 x 2 (orang) = 2.000.000

    1. Gathering resources
Yang diperlukan untuk pengerjaan project ini sebanyak 2 orang. Hosting dan domain sudah tersedia.

    1. Risk anticipation
Terjadi case-case tidak umum yang dapat terjadi akibat peserta atau panitia yang hendak melakukan kecurangan. Antisipasi yang dilakukan adalah melakukan brainstorming untuk case-case yang dapat terjadi secara komprehensif, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kecurangan.

3.           Execution
               a. Creating tasks and organizing workflows

Proyek dibagi menjadi dua modul, yaitu modul admin (mengelola pendaftaran, mengkonfirmasi pembayaran, mengelola jadwal pertandingan, mengelola bagan pertandingan) dan modul peserta (melakukan pendaftaran, verifikasi pembayaran, melihat jadwal pertandingan,  melihat bagan pertandingan). satu orang mengerjakan modul admin dan satu orang mengerjakan modul peserta.

    1. Monitoring 
Setiap harinya dilakukan evaluasi progress yang dikerjakan pada hari itu, dan tiap orang saling mengecek pekerjaan orang lainnya.

    1. Managing budget
Uang yang diperlukan adalah uang untuk membayar jasa development web. Managing budget dilakukan dengan memastikan project berjalan sesuai rencana.

4.           Closure
              a.  Determining the goals

Web yang dihasilkan dapat bekerja sesuai fungsinya untuk mendukung perlombaan dalam segi sistem pendaftaran, informasi, dan menampilan bagan perlombaan.

    1. Evaluation of the team’s performance
Sampai saat ini yang telah dilakukan adalah: database telah selesai, mencari template dan tools yang akan dipakai. Secara umum semuanya masih sesuai rencana.

    1. Conducting a final analysis of the project
Project masih belum selesai. Belum dapat dilakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FP MPPL

Final Project MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK Anggota Kelompok : Bagas Yanuar Sudrajad (05111740000074) Yovi Agustian (0511...